Jenis-Jenis Tanaman Bajakah dan Tidak Semua bisa Dijadikan Obat Kanker bahkan Beracun
Cari Berita

Advertisement

Jenis-Jenis Tanaman Bajakah dan Tidak Semua bisa Dijadikan Obat Kanker bahkan Beracun

Minggu, 18 Agustus 2019

Jenis Batang dan Daun Bajakah untuk obat kanker
Jenis batang dan daun Bajakah. sumber foto; facebook

Seputar Tanaman Bajakah dan Pemanfaatannya sebagai Obat dan Racun


Hati-hati Saat Membeli Tanaman Bajakah, karena Tidak semua bisa dijadikan Obat Kanker, Ada Bajakah Untuk Racun Ikan dan Mata Sumpit, Ada Juga Bajakah Merah, Bajakah Kuning, Bajakah untuk Shampo dalam mencegah Kerontokan rambut, Bajakah untuk mengusih makhluk halus, Bajakah untuk mengikat sesuatu, Bajakah untuk Bisa Ular, Bajakah untuk sabun mandi, Bajakah untuk penyakit kulit, Bajakah untuk Obat KB, Bajakah untuk Obat Kuat, Bajakah untuk Keputihan, Bajakah untuk memperbesar Penis, dan masih banyak bajakah lainnya, setidaknya ada ratusan Jenis Bajakah.

Dilansir dari fb @KalimantanBaratinformasi, Bajakah dalam bahasa Dayak Ngaju artinya Akar-akaran, dalam bahasa Dayak Maanyan disebut Wakai, yaitu spesies tumbuhan pembelit atau pemanjat di hutan hujan Kalimantan. Nama Bajakah bukan spesies tapi nama sekelompok akar akaran.

Pemanfaatan Bajakah untuk Obat Kanker sudah dilakukan oleh masyarakat Dayak Ngaju sejak ratusan tahun silam dari indigenous knowledge mereka. Jadi adik adik SMA kemarin bukan Penemu, melainkan hanya memperkenalkan ke dunia tentang Tumbuhan Bajakah ini, sehingga dianggap sebagai orang yang menemukan namun upaya mereka mempresentasikan tumbuhan ini sangat layak diapresiasi.

Jenis ini sendiri hanya dikenal oleh penduduk asli atau indigenous people. Jadi hati hati tiap Bajakah punya kegunaan masing masing, dan perlu di uji terlebih dahulu Jenis-jenis Tanaman Bajakah sebelum di konsumsi untuk dijadikan Obat.

Sejauh ini, berdasarkan pengalaman dan kesaksian, Bajakah Kuning nan viral itu efektif hanya untuk kanker payudara, belum ada cerita yang dari kanker bagian lain. Selain tumbuhan Bajakah, masih ada ribuan jenis medicinal plants yang dimanfaatkan masyarakat Dayak di Kalimantan sebagai Tanaman Obat.

Dalam pengobatan tradisional Dayak Ngaju, Bajakah untuk Kanker juga harus ada aturannya, tidak bisa direbus dan minum begitu saja. Paling umum aturannya adalah;

  1. Pasien ikut ke hutan untuk minum air langsung dari tebasan pertama di hutan, baru dilanjutkan dengan minum rebusannya,
  2. Saat menggunakan Bajakah, tidak boleh mengkonsumsi cabe dan lada dalam bentuk apapun.
  3. Setelah sembuh ada pamali khusus (pantangan khusus) yaitu tidak boleh mengkonsumsi makanan olahan yang berpengawet. Biasanya hanya disarankan makan sayur, jamur dan juhu ikan sungai segar. (Juhu = masakan khas Dayak yang dibumbui kayak masak asam kuning plus dikasih sayuran hutan atau sayur oragnik dari ladang.
  4. Tidak boleh makan makanan hangus atau berkerak.
  5. Dalam kondisi khusus, tabib tradisional juga akan mengkombinasikan dengan konsumsi Bawang Dayak Merah dan Akar Benalu.
  6. Untuk Bajakah Anti Kanker, hindari memimum airnya jika ketemu di hutan jika anda sehat walfiat, karena sangat mungkin akan berefek mirip efek kemoterapi. Anda bisa muntah muntah dan rambut rontok.
  7. Disarankan yang mau beli agar ketemu orang yang memang biasa menemukannya di hutan, jangan minta kirim tanpa pantangan dan dosis yang disarankan.
  8. Sekali lagi ada ratusan jenis bajakah, jangan sampai anda beli ternyata bukan yang anda inginkan. pedagang tidak bisa disalahkan karena namanya tetap "bajakah", iya kalau kena Bajakah Merah yang hanya obat diare, kalau kena Bajakah tuwe atau Tuba ikan, bisa modar, boro boro sembuh kanker.


Bentuk Tanaman Bajakah buat Obat Kanker dan Racun
macam-macam tanaman bajakah dan bentuk daun

Jenis-Jenis Tanaman Bajakah


Dikutip dari health.detik.com, Ada 3 Jenis Tanaman Bajakah yang sudah diuji dan diketahui kandungan serta kegunaannya, yaitu:

  1. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk); Jenis pohon bajakan ini yang dipercaya sebagai obat kanker, Tanaman ini seringkali digunakan oleh masyarakat pedalaman Kalimantan Tengah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Batang Bajakah Tampala biasanya digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin dan saponin. Zat-zat ini dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru.
  2. Bajakah Lamei; tanaman ini merupakan tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di daerah lembab. Masyarakat Kalimantan Tengah biasanya menampung cairan yang terdapat pada pohon Bajakah Lamei untuk kemudian diminum. Cairan dari pohon ini dipercaya dapat menyembuhkan diare.
  3. Bajakah Kalalawit (Uncaria gambir Roxb); Tanaman ini memiliki kandungan phenol dan antibacterial. Ekstrak gambir juga dipercaya memiliki kandungan katekin yang tinggi. Katekin disebut bisa mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin yang terkandung dalam gambir juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.


Bentuk Tanaman Bajakah dan Tidak Semua bisa Dijadikan Obat Kanker bahkan Beracun


Demikianlah sekilas tentang Jenis Tanaman Bajakah, pesan Admin, dari banyaknya JENIS AKAR BAJAKAH, tidak semuanya berkhasiat dan ada juga yang merugikan jadi harus hati-hati dalam membeli. karena tumbuhan Bajakah memiliki banyak jenis, setiap jenis masing-masing kegunaannya. Bahkan beberapa diantaranya digunakan untuk dijadikan RACUN

Resiko besar bagi pembeli jika bahan yg dibeli salah. Terutama pembeli yg meminta bahan dikirim tanpa mengetahui kebenaran bahan yg dibeli. Kami sarankan jangan langsung percaya 100% dgn omongan penjual, apalagi penjual yg belum memiliki ijin usaha. Disarankan agar ketemu orang yang memang biasa menemukannya di hutan atau tanaman tersebut sudah teruji jenis dan kandungannya oleh pemerintah, jangan minta kirim tanpa pantangan dan dosis yang disarankan.

link https://www.duniawanita.net/2019/08/jenis-jenis-tanaman-bajakah-untuk-obat-dan-racun.html