Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes
Cari Berita

Advertisement

Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Selasa, 08 Agustus 2017

Menderita diabetes berarti sama dengan harus bersiap-siap dengan memilah-milah makanan apa saja yang akan dimasukan ke dalam mulut atau malah akan memperparah penyakit tersebut.

Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Ya, membatasi apa saja yang boleh dimakan memang bukan hal yang menyenangkan, namun jika anda bisa melakukannya dengan lebih cerdas, maka hal tersebut juga bukanlah hal yang paling menyebalkan.

Dari namanya, anda tentu sudah tahu bahwa hal pertama yang harus dikontrol dalam urusan ini ialah pasokan gula, namun sebenarnya tidak sesderhana itu juga. Agar tak terjadi kesalahan, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips memilih makanan untuk penderita diabetes, juga untuk memudahkan anda.

Sudah Tahukan Anda Seperti Apa Gejala Penyakit Malaria? Yuk Simak

Tips memilih makanan untuk penderita diabetes yang dimaksudkan ialah sebagai berikut.


1. Pilih Makan Kaya Serat dan Indeks Glikemik Rendah

Untuk anda yang belum tahu sebelumnya, Indeks Glikemiks merupakan seberapa besar efek yang diberikan makanan berkandungan karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula di dalam darah. Sedangkan serat sendiri merupakan hal penting yang dibutuhkan bagi penderita diabetes.
[ads-post]
Adapun beberapa makanan yang disarankan ialah biji-bijian yang masih belum terlalu banyak diproses atau bentuknya masih utuh, sayuran, buah-buahan namun tidak untuk golongan A, juga kacang-kacangan.

2. Memperhatikan 3 J.

Apakah 3J yang dimaksudkan ini? Maksudnya ialah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, Jenis makanan yang tidak boleh sering dimakan alias dihindari dan Jadwal yang harus diikuti.

  • Penderita Diabetes biasanya sudah mendapatkan jumlah kalori yang boleh dikonsumsi setiap harinya, dan kalori yang masuk tersebut haruslah sesuai dengan berapa kalori yang harus dikeluarkan, maka tidak heran jika setiap penderita memiliki Jumlah Kalori yang berbeda.
  • Seperti yang sudah disebutkan pada tips memilih makanan untuk penderita diabetes tadi, penderita diabetes sebaiknya menghindari buah golongan A seperti nangka, mangga, sirsak, sawo, durian, duku, pisang emas, pisang raja, nanas dan beberapa buah lainnya.
  • Penderita diabetes juga biasanya sudah memiliki jadwal makan sendiri, biasanya jadwal tersebut dimulai dari pukul 06.30 untuk sarapan, 09.30 untuk makan makanan kecil seperti buah, pukul 12.30 makan siang, dan pukul 15.30 untuk makan makanan kecil lagi.


3. Hindari Makanan dengan Kandungan Purin

Kandungan lain yang juga harus dibatasi untuk dikonsumsi ialah purin. Kandungan ini paling banyak ditemukan pada sarden, jeroan, emping, kaldu, burung dara dan beberapa lainnya.

Begini Cara Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat

Sebagian orang mengakui bahwa jeroan menjadi salah satu makanan yang paling nikmat untuk disantap, belum lagi makanan seperti ini jarang ditemui di keseharian. Namun, demi tetap menjaga kesehatan tubuh penderita diabetes, maka tips memilih makanan untuk penderita diabetes ini haruslah tetap dijalankan.

4. Membatasi Mengkonsumsi Garam Nutrium Berlebih

Membaca awalan dari poin ini mungkin akan membuat anda langsung mengurangi penggunaan garam ketika sedang memasak, namun sebenarnya pembatasan ini tidak hanya dilakukan untuk garam dapur biasa yang mengandung natrium klorida, namun juga kandungan lain seperti natrium benzoate, bikarbonat dan lainnya.

Bagaimana caranya anda bisa melakukan tips memilih makanan untuk penderita diabetes ini dengan maksimal? Yakni dengan membatasi juga penggunaan mentega, margarin, keju, sayuran kaling, makanan awetan, hingga kecap. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tadi mengandung kandungan yang sudah disebutkan dalam jumlah yang cukup besar.

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Diabetes Yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari

Ketika pertama kali membaca beberapa tips memilih makanan untuk penderita diabetes tadi, mungkin akan sedikit sulit bagi anda untuk langsung melakukannya. Namun, hal ini akan semakin mudah jika kemauan anda untuk menjaga kestabilan kondisi penderita diabetes cukup besar.