Si Kecil Panas? Coba Deh Terapkan Cara Menurunkan Panas Pada Anak Ini
Cari Berita

Advertisement

Si Kecil Panas? Coba Deh Terapkan Cara Menurunkan Panas Pada Anak Ini

Minggu, 07 Mei 2017

Jika anak Anda mengalami demam janganlah panik karena akan memperburuk keadaan. Sebagai ibu yang cerdas sebaiknya paham akan pertolongan pertama yang harus dilakukan saat si anak mengalami demam. Ya, demam sering melanda anak-anak, terlebih di cuaca yang sedang ekstrem ini. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengetahui cara menurunkan panas pada anak.

Cara Menurunkan Panas Pada Anak

Anda pun tidak perlu pergi ke dokter ataupun membeli obat di apotek karena ada banyak cara alami untuk bisa menurunkan demam anak. Tentu saja cara ini dapat menghemat pengeluaran Anda. Penasaran apa saja cara menurunkan panas pada anak? Yuk simak informasi yang akan disajikan berikut ini.

1. Memandikan dengan air hangat

Mungkin cara ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Ya, karena mereka beranggapan bahwa mandi saat demam dapat memperparah kondisi tubuh. Namun, anggapan tersebut ternyata salah karena mandi dengan air hangat justru dapat menurunkan demam.

Jika Anda masih ragu dengan cara menurunkan panas pada anak ini, silahkan seka tubuh anak Anda menggunakan waslap dan air hangat. Yang tidak boleh dilakukan saat anak demam adalah memandikannya menggunakan air panas.
baca juga : Ibu Cerdas, Harus Tahu Cara Agar Si Kecil Cepat Berjalan Berikut Ini

2. Pijat

Pijat merupakan cara menurunkan panas pada anak yang terbaik. Terlebih lagi pijatan ini disertai dengan bahan-bahan herbal seperti minyak  kelapa dan irisain bawang merah. Di dalam bawang merah terdapat kandungan atsiri yang terbukti ampuh untuk menurunkan demam anak dan juga mencegah munculnya bakteri yang dapat memperburuk kondisi anak.

Pijatan yang lembut juga dapat membuat anak menjadi tenang dan mudah untuk tertidur. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa orang yang sedang demam membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan keadaan. Jadi, khasiat dari pijatan ini memang tiada duanya.
[ads-post]
3. Kompres

Mengkompres merupakan cara yang sudah umum dilakukan saat anak sedang demam. Namun, yang beredar di masyarakat adalah mengkompres dengan air yang dingin. Hal ini tentu saja salah dan dapat mengakibatkan suhu tubuh bertambah buruk.

Perlu diingat bahwa jika ingin mengkompres untuk menurunkan demam anak, gunakanlah air hangat yang sudah terbukti dapat menstabilkan suhu tubuh.

artikel terkait : Bunda, Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Ini Wajib Anda Ketahui

4. Beri minum yang cukup

Berilah minum yang cukup kepada anak agar tidak mengalami dehidrasi yang akan memperburuk kondisi tubuh. Meminum air yang banyak terutama air putih dapat membuat tubuh mengeluarkan cairan melalui air seni ataupun keringat sehingga suhu tubuh dapat segera dikendalikan.

Anda juga bisa menggantinya dengan jus buah yang banyak mengandung vitamin C karena terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan. Air kelapa juga bisa Anda pilih karena mengandung banyak elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi.

5. Istirahat yang cukup

Saat anak mengalami demam memang sulit untuk tidur padahal ia membutuhkan waktu istirahat yang lama dari biasanya. Nah, jika hal tersebut terjadi, putarlah film kesukaannya ataupun lagu kesukaannya agar si anak terlelap. Peran orang tua juga snagat penting untuk menenangkan si anak.

Jadi, sebaiknya Anda mengurangi rutinitas ataupun izin tidak bekerja untuk menjaga anak di rumah dan memberikan perawatan yang terbaik. Jika memang demam tak kunjung reda dan anak rewel terus menerus, segeralah pergi ke dokter kepercayaan Anda untuk memeriksakan kondisi si anak. Hal ini lebih baik dibandingkan Anda terus panik di rumah.

Perawatan Anak : Ternyata Ini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Yang Efektif

Bagaimana bunda, sudah tidak bingung lagi kan kalau si kecil mengalami demam? cara menurunkan panas pada anak tersebut pun dapat diterapkan di rumah.