10 Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Si Buah Hati
Cari Berita

Advertisement

10 Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Si Buah Hati

Kamis, 09 Maret 2017

Menjadi orang tua yang baik merupakan dambaan bagi si anak. Tak hanya akan berdampak pada ikatan batin antara anak dengan orang tua, namun hal ini juga akan berdampak pada tumbuh kembang si buah hati kelak di masa yang akan datang.

Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Si Buah Hati

Memperhatikan setiap aktifitas serta nutrisi yang diberikan kepada anak memang merupakan hal yang patut untuk dilakukan oleh para orang tua. Tak hanya itu, memberikan kasih sayang seperti memeluk, mencium, mengelus rambut atau yang lain sebagainya rupanya dapat membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak tentunya harus mengetahui beberapa hal. Tak hanya mampu memberikan nutrisi yang baik bagi anak, namun memberikan respon yang baik bagi anak ternyata dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Berikut ini ada 10 hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi orang tua yang baik dan mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

baca juga : 8 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres

1. Lebih banyak untuk mendengarkan buah hati Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang tua yang baik yaitu menyimak serta mendengarkan berbagai macam obrolan yang dibicarakan oleh si kecil. Cara yang seperti ini rupanya dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara dan membantu anak untuk menjadi pendengar yang baik.

2. Banyak luangkan waktu untuk mengobrol dan tertawa bersama anak

Selain dapat mempererat hubungan antara anak dan orang tua, cara yang satu ini rupanya baik bagi tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.
[ads-post]
3. Mengenalkan makanan baru

Anda bisa mengenalkan menu makanan baru setiap hari yang tinggi gizi agar anak bisa tercukupi kebutuhan nutrisinya.

artikel terkait : 6 Tips yang Bisa Bunda Lakukan Untuk Mengembangkan Kepintaran dan Kecerdasan Anak

4. Membacakan cerita

Membacakan cerita rupanya dapat membuat anak untuk lebih tertarik kepada buku dan menumbuhkan kepintaran yang lainnya.

5. Memperbaiki kualitas hubungan dengan pasangan Anda

Memiliki keluarga yang harmonis rupanya memiliki dampak yang sangat besar bagi tumbuh kembang anak

6. Belajarlah lebih banyak untuk menjadi orang tua

Menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Terus belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi anaknya merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan.

7. Hindari untuk mengatakan kata “jangan dan tidak”

Apabila Anda ingin melarang anak untuk ketika akan melakukan sesuatu, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan kata “jangan” atau “tidak”. Gantilah dengan menggunakan kata-kata yang lebih lembut dan arahkan anak ke hal yang boleh dilakukannya.

8. Kurangi kegiatan anak seperti menonton TV dan bermain gadget

Kecanggihan teknologi rupanya mampu menarik perhatian anak. Namun ketika anak terlalu sering bermain gadget atau menonton TV hal ini malah akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, ajaklah anak untuk bermain di luar seperti jalan-jalan atau bermain sepak bola.

9. Jangan memaksa anak untuk menjadi seperti Anda

Berikan stimulasi yang tepat untuk menumbuhkan kepintaran anak secara alami, bukan memaksa anak untuk menjadi seperti Anda atau menjadi seperti yang Anda inginkan.

Perawatan bayi :  5 Cara Menebalkan Rambut Bayi Secara Alami Yang Rugi Kalau Tak Dicoba

10. Jangan habiskan waktu Anda untuk bekerja

Berhenti untuk terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda. Meluangkan waktu untuk bersama keluarga merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang si buah hati.

Memang tidak semua orang bisa menjadi orang tua yang baik bagi buah hatinya. Namun, semua orang bisa belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi buah hatinya. 10 cara diatas bisa Anda pelajari agar bisa menjadi orang tua yang baik dan lebih peduli terhadap tumbuh kembang si buah hati.