Masih Mau Jadi Orang Yang BAKHIL DAN KIKIR??? KESULITAN HIDUP Akan Menantimu
Cari Berita

Advertisement

Masih Mau Jadi Orang Yang BAKHIL DAN KIKIR??? KESULITAN HIDUP Akan Menantimu

Pedia Pendidikan
Jumat, 16 September 2016

Masih Mau Jadi Orang Yang BAKHIL DAN KIKIR??? KESULITAN HIDUP Akan Menantimu


Ruang Wanita. Banyak orang memiliki penghasilan besar, namun selalu merasa tidak cukup. Mungkin karena ia kurang sedekah! mungkin sedekah yang kita keluarkan terlalu sedikit, sehingga berkah yang Allah berikan juga sekedarnya. P4dahal, kekayaan (yang hakiki) bukanlah dengan banyaknya hart4. Namun kekaya4n (yang hakiki) adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Masih Mau Jadi Orang Yang BAKHIL DAN KIKIR??? KESULITAN HIDUP Akan Menantimu
ilustrasi

Rasulullah SAW bersabda :


“Tiga perkara yang merusak yaitu, menuruti kebakhilan (kikir), mengikuti hawa nafsu dan mengagumi diri sendiri”.

Bakhil adalah orang-orang yang telah Allah berikan harta, tetapi mereka bakhil (menahan diri) dalam menginfaqkan di jalan Allah dan tidak menunaikan (mengeluarkan) zakatnya.

وَالْشحيبَعِيدٌمِنْاللَّهِبَعِيدٌمِنْالْجَنَّةِبَعِيدٌمِنْالنَّاسِقَرِيبٌمِنْالنَّارِ

Orang kikir itu jauh dari Allah, jauh dari surga, jauh dari manusia dan dekat dengan neraka.

Allah SWT berfirman ;

'' Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Ali-Imran: 180)

“Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi.”
[ads-post]
Al-Imam Al-Qurthubi Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya agar menafkahkan hartanya dan tidak berlaku bakhil, sebelum mereka mati. Dan meninggalkan (membiarkan semua yang pernah mereka miliki) warisan kepunyaan Allah semata. Serta tidak ada yang akan memberikan manfaat kecuali apa yang telah mereka infaqkan.
“ Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya , maka mereka itulah orang-orang yang beruntung (ath Thagabun : 16)

Maksudnya , orang-orang yang dijaga oleh Allah dari sifat bakhil dan jiwa mereka dan dijauhkan dari pengaruhnya (dengan mengikuti hawa nafsu) , maka mereka berbeda dengan golongan lain yang tidak menyukai untuk infak, mereka itulah orang-orang yang akan Allah selamatkan dari siksaan-Nya.

Dari Jabir Ibnu Abdillah bahwa Rasulullah saw bersabda,” Jauhilah perbuatan zalim, karena kezaliman akan membawa kegelapan di hari kiamat. Dan jauhilah dari sifat kikir dan tamak , karena ia telah menghancurkan umat sebelum kalian. Ia telah mendorong mereka menumpahkan darah saudara mereka sendiri dan menghalalkan kehormatan mereka.. (HR Muslim)

Semoga Allah nyelamatin kita semua dari sifat bakhil dan kikir ini. Aamiin


Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Masih Mau Jadi Orang Yang BAKHIL DAN KIKIR??? KESULITAN HIDUP Akan Menantimu, semoga dapat menambah Iman dan menambah ilmu kita. Amin Ya Robbal Alamin.