KEUTAMAAN HARI JUM'AT BAGI AGAMA ISLAM
Cari Berita

Advertisement

KEUTAMAAN HARI JUM'AT BAGI AGAMA ISLAM

Pedia Pendidikan
Kamis, 29 September 2016

KEUTAMAAN HARI JUM'AT BAGI AGAMA ISLAM


Ruang Wanita. Hari Jum'at, adalah hari yang sangat s4kral bagi sebagian umat beragama di Dunia. Tak Terkecuali Umat Agama Islam yang benar-benar mensakralkan hari tersebut. apa saja keutamaan Hari Jumat bagi Agama Islam, ayo sim4k disini penjelasannya :

KEUTAMAAN HARI JUM'AT BAGI AGAMA ISLAM


HARI PALING UTAMA DI DUNIA

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain: Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya. Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga. Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi. Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda,

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

HARI BAGI KAUM MUSLIMIN

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.
[ads-post]

HARI YANG PALING MULIA DAN MERUPAKAN PENGHULU DARI HARI-HARI

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

baca juga : 


WAKTU YANG MUSTAJAB UNTUK BERDO’A

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammenyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

DOSA-DOSANYA DIAMPUNI ANTARA JUM’AT TERSEBUT DENGAN JUM’AT SEBELUMNYA

Dari Salman beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda :

لا يغتسل  رجل يوم الجمعة ويتطهر ما استطاع من طهر ويدهن من دهنه أو يمس من طيب بيته ثم يخرج فلا يفرق بين اثنين ثم يصلي ما كتب له ثم ينصت إذا تكلم  الإمام إلا غفر له ما  بينه وبين الجمعة الأخرى

”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari).

Demikianlah beberapa dari banyaknya keutamaan hari jum'at yang dapat disampaikan, semoga dapat menambah Iman dan menambah ilmu kita. Amin Ya Robbal Alamin.