Subhanallah, Besarnya Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita
Cari Berita

Advertisement

Subhanallah, Besarnya Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita

Pedia Pendidikan
Rabu, 31 Agustus 2016

Subhanallah, Besarnya Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita


Ruang Wanita. Anda Pasti sudah tidak 4sing lagi mendengar yang namanya jengkol, Buah yang sangat fenomenal ini sangat bermanfaat untuk Kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan ginjal anda sehat. Bila ginjal anda tidak sehat, jangan makan jengkol.

Subhanallah, Besarnya Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita


Porsi jengkol yang aman dan bermanfaat untuk kesehatan adalah 10 gram per hari, atau sama dengan sebelah sampai satu buah jengkol perhari.

Jengkol merupakan sumber protein yang sangat baik, yaitu 23,3 g per 100 g bahan. Kadar proteinnya jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu hanya 18,3 g/100 g. Kebutuhan protein setiap individu tentu saja berbeda-beda. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh. Karena itu, protein sering disebut zat pembangun.

Jengkol adalah antioksidan yang kuat, mengandung kadar protein tinggi dan zat besi, akan tetapi mengandung Asam Jengkolat berkadar tinggi. Asam Jengkolat dengan cepat dapat menyebabkan menggumpalnya kristal batu di saluran kemih.

Dibeberapa daerah, jengkol menjadi makanan favorit karena teksturnya yang empul bila dimasak dengan benar. Rasanya juga sangat khas. Jengkol sering dihidangkan sebagai lauk utama. Jengkol rebus juga dapat diolah menjadi kripik jengkol. Beberapa orang tidak menyukai jengkol karena aromanya yang khas dan tajam.

baca juga :


Manfaat jengkol bagi kesehatan antara lain:

1. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

2. Mencegah Anemia

Jengkol kata akan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan sel darah merah. Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah akan berkurang dan orangnya kelihatan pucat. Supply oksigen dan zat2 lain yang dibutuhkan oleh tubuh akan terganggu bila Hemoglobin pada darah merah dan orangnya menjadi lemah.

Wanita yang sedang menstruasi dianjurkan juga mengkonumsi jengkol saat sedang menstruasi agar tubuh anda tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar tubuh.
[ads-post]

3. Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan lain jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada kuat.

4. Basmi Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan. Manfaat antioksidan dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

5. Mengatasi penyakit jantung koroner

Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar). Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

6. Merampingkan perut

Jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

7. Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol ternyata dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Kebiasaan memasak jengkol terlalu matang akan menghilangkan mineral jengkol.

8. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Serat jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

9. Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan

Jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan. Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol.

10. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat demi perkembangan janinnya. Namun sekali perlu diingat bahwa konsumsilah jengkol secukupnya saja. Jangan terlalu berlebihan karena konsumsi jengkol yang berlebihan akan kurang baik efeknya untuk organ ginjal.

11. Mencegah kecacatan pada bayi

Kandungan asam folat pada jengkol juga dapat mencegah kecacatan bawaan pada bayi.

12. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat lainnya dari buah jengkol adalah dapat mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang ‘bersahabat’ dengan para penderita diabetes. Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes.

Berbeda dengan zat gula pada bahan makanan lainnya seperti makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Zat gula yang mudah terurai pada jengkol ini kemudian akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Alhasil, stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian zat gula yang sempurna tidak akan menimbulkan timbunan gula darah di dalam tubuh.

13. Zat Antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Demikian juga dengan kesehatan jantung. Toksin atau racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam tubuh, khususnya jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh zat antioksidan ini. Segala sesuatu yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung pada jengkol. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dan jantung pun akan berfungsi dengan baik dan optimal.

CATATAN KHUSUS:
Selama makan jengkol, maka harus minum air putih dua liter oer hari agar ginjal tetap sehat.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Manfaat Jengkol bagi Kesehatan Kita, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.