Bunda, Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Ini Wajib Anda Ketahui

Masalah pencernaan memang sudah sering sekali dialami oleh bayi pada awal masa pertumbuhannya. Sebagai ibu, tentu Anda harus mengetahui pertolongan pertama yang harus dilakukan jika si kecil mengalami masalah pencernaan seperti halnya kembung.

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Ya, perut kembung memang selalu menjadi momok bagi para ibu karena bingung bagaimana cara mengatasinya. Perut kembung bisa terjadi karena udara yang masuk ke dalam perut ketika menyusui terlalu berlebih.

Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena berikut ini akan disajikan informasi mengenai tips mengatasi perut kembung pada bayi yang ampuh. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan menariknya.

1. Gunakanlah teknik menyusui yang benar

Untuk menghindari udara masuk saat menyusui, sebaiknya gunakanlah teknik menyusui yang benar yaitu dengan memposisikan kepala lebih tinggi dibandingkan dengan perutnya. Jika anak Anda meminum susu formula, maka gunakanlah dot, karet, dan lubang yang disesuaikan dengan usia si kecil.

Janganlah menggunakan dot dengan lubang karet yang besar jika usia bayi masih kecil, karena hal tersebut akan memicu udara masuk ke dalam tubuh dan menjadikan si kecil kembung.

baca juga : Bunda, Ternyata Ini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Yang Efektif

2. Stimulasi sendawa

Stimulasi sendawa memang populer untuk mengatasi masalah cegukan, namun teknik ini juga berguna untuk mencegah perut kembung pada bayi. Stimulasi sendawa dapat dilakukan setelah Anda selesai menyusui.

Caranya yaitu dengan menggendong bayi pada posisi tegak, kemudian letakkan kepalanya di bahu Anda dan tepuk lembut bagian punggungnya sampai si kecil bersendawa.
[ads-post]
3. Mengoleskan minyak telon

Minyak telon dapat digunakan sebagai tips mengatasi perut kembung pada bayi yang ampuh karena di dalamnya terkandung senyawa yang mampu untuk mengeluarkan gas yang ada di perut.

Setelah si kecil selesai mandi ataupun si kecil rewel, cobalah untuk mengoleskan beberapa tetes minyak telon pada perut bayi sambil diberi pijatan lembut searah jarum jam. Dengan begitu si kecil akan terbebas dari kembung dan Anda pun tak perlu panik lagi.

artikel terkait : 10 Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menjadi Orang Tua yang Baik Bagi Si Buah Hati

4. Menggunakan irisan bawang merah

Zaman dahulu saat belum ada minyak telon, ibu-ibu menggunakan irisan bawang merah untuk menyembuhkan perut kembung si kecil. Ya, meskipun cara ini tergolong jadul namun khasiatnya tidak dapat diragukan lagi.

Tips mengatasi perut kembung pada bayi ini pun masih dijalankan hingga saat ini. Caranya pun sangat mudah yaitu tinggal menempelkan irisan bawang merah pada perut si kecil, kemudian biarkan sarinya meresap ke kulit. Selang beberapa saat, gas yang ada di perut akan keluar lewat kentut dan si kecil pun perlahan akan merasa nyaman karena perutnya sudah normal kembali.

5. Minum air hangat

Minum air hangat juga terbukti ampuh untuk mengatasi perut kembung bagi si kecil. Air hangat akan mendorong gas yang ada di usus halus untuk keluar melalui perut. Namun, perlu diingat bahwa tips mengatasi perut kembung pada bayi ini hanya bisa dilakukan pada bayi yang usianya sudah lebih dari 6 bulan.

Lalu, bagaimana dengan bayi yang usianya belum sampai 6 bulan? Cukuplah ibunya saja yang banyak meminum air hangat. Maksud dari air hangat disini adalah air putih bukan air yang berwarna.

baca juga : 8 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres

Dengan mengetahui tips mengatasi perut kembung pada bayi tersebut, Anda tidak perlu panik ketika si kecil mengalami perut kembung dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyembuhkannya. Bagi seorang ibu, memiliki pengetahuan mengenai kesehatan merupakan hal yang penting dan wajib untuk dipelajari karena tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada si kecil nantinya.

Stimulasi sendawa memang populer untuk mengatasi masalah cegukan, namun teknik ini juga berguna untuk mencegah perut kembung pada bayi.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

{facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {pinterest#http://pinterest.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget